Dalam menghadapi persaingan global, mutu produk yang dihasilkan perusahaan perlu diperhatikan karena saat ini kesadaran konsumen mengenai mutu produk semakin meningkat. Perkembangan dunia industri dan jasa yang berkembang cepat tentunya akan berpengaruh kepada sistem penjaminan mutu. Mutu perusahaan akan sangat berpengaruh dengan kepuasan pelanggan yang meliputi fungsi produk, kualitas, dan kinerja.
Standar atau kualitas mutu perusahaan akan sangat bergantung dengan manajemen sistem yang diterapkan masing-masing perusahaan tersebut. Secara umum, pengawasan manajemen berfungsi untuk membuat tatanan yang terstruktur dan rapih, dalam kata lain merupakan sebuah proses untuk membuat ketidakberaturan menjadi sebuah struktur dan pola baru yang tertata.
Selain pengakuan secara nasional, perusahaan perlu mendapatkan pengakuan internasional yang menyatakan bahwa produk dan sistem yang digunakan telah sesuai dengan standar. Salah satu standar yang mengatur mengenai sistem manajemen mutu adalah ISO 9001:2015. ISO 9001:2015 merupakan salah satu standar internasional sistem manajemen mutu yang berisikan persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh suatu organisasi atau perusahaan. ISO 9001 membahas tentang tatanan yang menjamin mutu atau kualitas dari proses produksi (produk) atau pelayanan (jasa) dan output tersebut. Standar ini juga berisi unsur-unsur legal wajib yang bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman bagi perusahaan.
Perusahaan harus memahami persyaratan yang terdapat di dalam ISO 9001 dan mengetahui cara menerapkannya, serta mampu bertahan pada sistem yang telah diterapkan agar persyaratan tersebut dapat terus menerus terpenuhi. Standar ini digunakan untuk memastikan bahwa perusahaan telah melakukan pengawasan dan penjaminan pada semua kegiatan operasinya yang akan mempengaruhi kualitas produk yang diberikan.
Menurut International Organization for Standarization, sistem manajemen mutu adalah cara suatu perusahaan untuk mengendalikan kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan (baik langsung maupun tidak langsung) untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang dihasilkan perusahaan mampu memenuhi persyaratan dari pembeli.
Implementasi ISO 9001:2015 memiliki banyak manfaat bagi organisasi, karyawan, dan pelanggan. Berikut manfaat dari ISO 9001:2015:
Manfaat bagi organisasi:
Manfaat bagi karyawan:
Manfaat bagi pelanggan:
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dalam perusahaan jasa merupakan suatu langkah yang tepat untuk memenangkan persaingan dunia industri dan jasa. Disebutkan dalam situs resmi ISO, banyak perusahaan yang mengakui bahwa setelah menerapkan standar ini mereka benar-benar merasakan adanya peningkatan kinerja yang signifikan dan berhasil memperoleh penghargaan mengenai manajemen mutu yang bertaraf internasional.