SafeX Indonesia

Connect with Us

Kenali Pentingnya ISO 9001:2015

Manajemen mutu merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam kegiatan operasional perusahaan. Manajemen mutu juga bermanfaat bagi perusahaan secara internal terutama untuk menjamin barang atau jasa yang dihasilkan sesuai standar. Perusahaan yang memiliki jaminan mutu kualitas produk akan memiliki keunggulan dalam persaingan pasar dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki standar manajemen mutu.

ISO 9001 : 2015 merupakan standar manajemen mutu  yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang di dalamnya mencakup beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system. Berlandaskan pada ISO 9001:2015 ini sebuah perusahaan / organisasi dapat melakukan evaluasi apakah produk (barang/jasa) dan proses yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dapat memenuhi ketentuan / persyaratan dari customer secara konsisten. Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini juga dapat memastikan konsistensi mutu sebuah produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan perusahaan ataupun pelanggan dan mencegah terjadinya kegagalan mutu produk atau jasa sepanjang proses produksi. Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 bisa juga diterapkan pada bidang yang menghasilkan jasa seperti rumah sakit, instansi pendidikan, universitas dan bidang usaha jasa lain.

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Standar Ini membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebuah versi baru dari Sertifikasi ISO 9001:2015 baru saja diluncurkan menggantikan versi sebelumnya (ISO 9001:2008).

Perubahan yang paling mencolok untuk standar terbaru adalah memiliki struktur klausul baru. Sertifikasi ISO 9001:2015 memiliki 10 Klausul yang wajib diterapkan oleh organisasi / perusahaan yang diantaranya :

  1. Scope (Ruang Lingkup)
  2. Normative Reference (Acuan Normatif)
  3. Terms And Definitions (Istilah dan Definisi)
  4. Context Of The Organization (Konteks Organisasi)
  5. Leadership (Kepemimpinan)
  6. Planning (Perencanaan)
  7. Support (Proses Pendukung)
  8. Operation (Operasional)
  9. Performance Evaluation (Evaluasi Performa)
  10. Improvement (Peningkatan)
 

Prinsip manajem mutu dapat digunakan sebagai kerangka kerja serta pedoman untuk peningkatan organisasi,

  1. Fokus Pelanggan.
    Dengan memberikan kebutuhan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan konsumen dengan tujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.
  2. Setiap pimpinan yang ada di perusahaan atau organisasi memiliki tanggung jawab terhadap target perusahaan dengan melakukan pengelolaan dan pemberdayaan dengan baik.
  3. Keterlibatan Sumber Daya Manusia.
    Untuk mengelola organisasi secara efektif dan efisien, semua orang pada semua orang perlu dilibatkan dan dihargai sebagai individu. Pengakuan, pemberdayaan, dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan memfasilitasi pelibatan orang dalam pencapaian sasaran organisasi / perusahaan.
  4. Pendekatan Proses Bisnis.
    Hasil yang konsisten dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien saat aktivitas dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai suatu sistem yang terpadu. Sistem manajemen mutu terdiri atas proses yang saling terkait.
  5. Peningkatan yang terus menerus.
    Organisasi yang sukses terus-menerus menekankan pada perbaikan. Perbaikan penting bagi organisasi untuk memelihara tingkat kinerja saat ini, untuk menanggapi perubahan kondisi internal dan eksternal, serta untuk menciptakan peluang baru.
  6. Pengambilan keputusan secara factual.
    Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi lebih berpeluang untuk mencapai hasil yang diinginkan. Diperlukan pemahaman terhadap hubungan sebab dan akibat serta potensi dampak yang tidak diinginkan. Fakta, bukti, dan analisis data meningkatkan objektivitas dan kepercayaan dalam pengambilan keputusan.
  7. Hubungan Baik dengan
    Mengelola hubungan yang baik antar pihak-pihak di perusahaan misalnya pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan lainnya akan mempertahankan perusahaan dengan kesuksesannya dan mampu bersaing.
 

Peran penting dari diterapkannya ISO karena ada beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan untuk jangka waktu yang panjang. Penerapan ISO sangat menguntungkan perusahaan salah satunya untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan ataupun suatu organisasi untuk meningkatkan sistem manajemen mutu, serta perusahaan memiliki sistem jaminan dan kualitas mutu yang berstandar internasional. Selain peran penting diterapkannya ISO terdapat juga manfaat nya, diantara nya sebagai berikut :

  1. Perusahaan memiliki sistem jaminan kualitas dan mutu yang terstandarisasi internasional.
  2. Memiliki sistem jaminan kualitas bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan maupun partner.
  3. Kualitas produk yang terjamin memiliki implikasi secara langsung ataupun tidak pada kepuasan pelanggan.
  4. Penetapan risiko dan peluang yang dikaitkan dengan konteks dan sasaran organisasi.
  5. Mencegah terjadinya kegagalan proses dan kerugian akibat terjadinya ketidaksesuaian mutu produk dan jasa.
  6. Memiliki sertifikasi ISO 9001 mengharuskan adanya sistem yang terdokumentasi dengan baik di perusahaan. Dengan adanya dokumentasi terhadap sistem dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan audit secara internal.
 
Dalam artikel ini dibahas tuntas mengenai keseluruhan tentang ISO 9001:2015. Namun, setelah mengetahui sekilas Sertifikasi ISO 9001:2015, diharapkan artikel ini dapat membantu Kalian untuk lebih aware terhadap pentingnya ISO 9001:2015 di suatu organisasi atau perusahaan. 

Bagi Kalian yang berminat untuk memperdalam dan juga ingin mengambil Sertifikasi ISO 9001:2015, hal ini bisa diambil dari pelatihan bersama PT SafeX Solusi Indonesia dengan menghubungi SafeX Team 0811-1172-339. 

Read Other

Share this article

New Messages
1
Scan the code
Hello!
Daftar training disini atau jika ada pertanyaan mengenai konsultasi dan assessmen