Manajemen mutu merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam kegiatan operasional perusahaan. Manajemen mutu juga bermanfaat bagi perusahaan secara internal terutama untuk menjamin barang atau jasa yang dihasilkan sesuai standar. Perusahaan yang memiliki jaminan mutu kualitas produk akan memiliki keunggulan dalam persaingan pasar dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki standar manajemen mutu.
ISO 9001 : 2015 merupakan standar manajemen mutu yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang di dalamnya mencakup beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system. Berlandaskan pada ISO 9001:2015 ini sebuah perusahaan / organisasi dapat melakukan evaluasi apakah produk (barang/jasa) dan proses yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dapat memenuhi ketentuan / persyaratan dari customer secara konsisten. Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini juga dapat memastikan konsistensi mutu sebuah produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan perusahaan ataupun pelanggan dan mencegah terjadinya kegagalan mutu produk atau jasa sepanjang proses produksi. Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 bisa juga diterapkan pada bidang yang menghasilkan jasa seperti rumah sakit, instansi pendidikan, universitas dan bidang usaha jasa lain.
Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Standar Ini membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebuah versi baru dari Sertifikasi ISO 9001:2015 baru saja diluncurkan menggantikan versi sebelumnya (ISO 9001:2008).
Perubahan yang paling mencolok untuk standar terbaru adalah memiliki struktur klausul baru. Sertifikasi ISO 9001:2015 memiliki 10 Klausul yang wajib diterapkan oleh organisasi / perusahaan yang diantaranya :
Prinsip manajem mutu dapat digunakan sebagai kerangka kerja serta pedoman untuk peningkatan organisasi,
Peran penting dari diterapkannya ISO karena ada beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan untuk jangka waktu yang panjang. Penerapan ISO sangat menguntungkan perusahaan salah satunya untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan ataupun suatu organisasi untuk meningkatkan sistem manajemen mutu, serta perusahaan memiliki sistem jaminan dan kualitas mutu yang berstandar internasional. Selain peran penting diterapkannya ISO terdapat juga manfaat nya, diantara nya sebagai berikut :